Thursday, October 31, 2013

Hak Jawab BEM Ogi Mulyanto Ketua BEM BSI

Assalamualikum....
kepada pihak LPM yg saya hormati,
Sebelumnya saya mohon maaf, saya mewakil Ketua  BEM BSI dan seluruh jajaran staf BEM BSI merasa keberatan atas berita yang anda tayangkan didunia maya karena apa yang anda tayangkan tidak sesuai fakta dan kebenarannya mungkin sedikit saya klarifikasikan yang sebenarnya :
Poin :
1. BEM BSI RETAK , FARID SALMAN DI PECAT???
*Jarang hadir dan meliput kegiatan BEM Farid Salman Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Bina Sarana Informatika (BSI) telah dipecat ?.
Padahal kita di BEM baik-baik saja tidak ada masalah apa lagi sampai ada kata-kata pemecatan, mungkin ada sedikit Miss komunikasi antara pengurus BEM tapi menurut kita itu hal yg wajar dalam berorganisasi, itulah Dinamika dalam berorganisasi. Dan kalaupun ada pemecatan setidaknya harus berkoordinasi dulu donk sama Lembaga Tertinggi diIKBM yaitu MPM tidak asal pecat begitu saja.
Ketika Bapak M.ogiyanto selaku ketua BEM BSI ber tanya langsung kepada pihak LPM terkhususnya ketua LPM saudara Edwin, sumbernya informasi tersebut dari mana ??
saudara Edwin selaku ketua LPM tidak mau menjawab dengan alasan menjaga nama baik seseorang  yg bersangkutan tetapi secara tidak langsung pihak LPM telah mencemarkan nama baik ketua BEM BSI dan institusi BEM BSI, mempublikasi  berita dan memasang foto Bapak Ogi yang menurut saya itu tidak pantas untuk diplubikasi tanpa seiizin  yang bersangkutan dan itu udah jelas-jelas mencemarkan nama baik seseorang dan telah melanggar kode etik jurnalistik.

* . Menurut kabar yang kami terima dari salah satu pengurus Badaris yang tidak ingin disebutkan namanya pula dari pihak Farid Salman merasa tidak dihargai di dalam tubuh organisasi BEM BSI .
Yang saya garis bawahi itu pun anda tidak mau menyebutin  sumber informasi tersebut dari mana? karena yang kita khawatirkan nanti malah mencemarkan nama baik salah satu institusi yang ada di BSI misalnya UKM BADARIS .

Sebenarnya kalau kita mengacu pada Kode Etik Jurnalistik, wartawan / lembaga Pers harus bisa menelaah secara baik dan menghormati ketentuan tentang off the record. Artinya, apabila narasumber sudah mengatakan bahan yang diberikan atau dikatakannya adalah off the record, wartawan / lembaga Pers tidak boleh menyiarkannya. Kalau wartawan tidak bersedia terikat dengan hal itu, sejak awal ia boleh membatalkan pertemuan dengan narasumber yang ingin menyatakan keterangan off the record.



Selanjutnya mengenai pemberitaan yang mengatakan “Kata-kata yang arogan yang disampaikan oleh ketua BEM BSI kepada saudara Edwin selaku ketua LPM terbaru via telpon ??
Disini akan sedikit saya klarifikasikan mengenai pemberitaan tersebut :
1.  Mendengar pemberitaan bahwasannya BEM BSI RETAK , FARID SALMAN DI PECAT??? Bapak presiden mahasiswa BSI terkejut mendengar berita tersebut padahal kita ditubuh BEM baik-baik saja tidak ada masalah dan disayangkan juga dari pihak LPM     tidak ada  KOMUNIKASI yang baik sebelumnya  dan tidak menanyakan kebenarannya secara langsung kepada  pihak yang bersangkutan terkhususnya kepada Bapak Mulyo ogiyanto selaku ketua BEM BSI.

2.  Dan pada saat itu juga malamnya tepatnya kurang lebih pukul  23.00 tanggal 27-10-2013 Bapak Ogi langsung menghubungi  pihak  LPM tepatnya kepada saudara EDWIN selaku ketua LPM dan berbicara secara baik-baik dan menanyakan mengenai pemberitaan yang miring tentang dirinya dan institusi BEM Sumber nya itu dari mana ? lagi-lagi dari bapak Edwin sendiri selaku Ketua LPM BSI tidak mau menyebutkan nama sumber informasinya dari mana dengan alasan menjaga nama baik seseorang tapi dari pihak LPM sendiri telah mecemarkan nama baik Bapak Mulyo ogiyanto selaku ketua BEM BSI dengan memasang Foto yang tak pantas untuk dipublikasi tanpa adanya izin dari yang bersangkutan.

3. Bapak Ogi mengajak Pihak LPM  untuk duduk bareng untuk segera mengklarifikasikan berita tersebut agar tidak terjadi kesalah fahamn tapi tanggapan dari Edwin selaku ketua LPM: *Silahkan ente ngasih Hak Jawab. Maaf ane lagi sibuk, kampus ane dibogor. Oleh karena itu mendengar tanggapan tersebut, mungkin Bapak ogi merasa kesal dan sedikit kepancing emosi  terlontarlah kata-kata dari bapak Ogi secara tegas kepada saudara Edwin klau bawasannya LPM BSI hanya bisa memberitakan hal-hal yang negatif saja dengan dibuktikannya setiap ada kegiatan BEM yang  positif tidak pernah dipublikasi padahal semua data sudah dikirm ke email inspirasionline@gmail.com contoh kecilnya aja ketika kegiatan Pembentukan LDKM SEMA BSI PEMUDA  kemaren tepatnya tanggal  11,12,13 oktober 2013 dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan BEM yang lainnya, dan ini yang dipertanyakan oleh Bapak Ogi selaku ketua BEM dimana letak Independent  sebagai Lembaga Pers Mahasiswa dan profesionalismenya dalam bekerja??

Dan solusi dari kita agar semuanya tidak salah faham dan tidak ada yang dirugikan mari yuk sama – sama kita duduk bareng, mengklarifikasikan semuanya biar tidak terjadi fitnah, katanya kita kan bersaudara  Bila perlu sambil ngopi bareng kita.
KITA “BADAN ESEKUTIF MAHASISWA  sangat WELCOME  ko’’
Terimakasih..
Hidup Mahasiswa!!

Comments System

Disqus Shortname