Sunday, February 10, 2013

Jakarta Bersih-Bersih Pasca Banjir

Inspirasi - Banjir adalah hal yang bisa terjadi di Jakarta, Banjir sudah seperti tamu yang pasti datang setiap tahunnya. Sudah banyak program yang dibuat pemerintah untuk menggulangi masalah yang satu ini. Tetapi hingga saat ini warga Jakarta masih belum bisa terbebas dari banjir. Pada tahun 2012 yang lalu kota Megapolitan ini kembali direndam banjir besar, hampir setiap sudut kota terendam air. Banjir diperparah dengan curah hujan yang tinggi selama bulan Desember tahun lalu.

Banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu seperti mengingatkan kita dengan pekerjaan rumah yang belum diselesaikan oleh pemerintah dan tentunya warga Jakarta hingga saat ini. Seperti yang kita tau apalagi kalau bukan tumpukan sampah yang terjadi di berbagai tempat pasca terjadinya banjir besar yang melanda ibukota. Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam mengatasi semua hal yang menyangkut kota megapolitan ini, Oleh karna itu gubernur DKI Jokowi menyelenggarakan acara “Aksi Jakarta Bersih” pada Minggu, 3 Februari 2013 yang diadakan pada 2 tempat yaitu di Penjaringan, Pluit Jakarta Utara dan Lagoa, Koja Jakarta Utara. Acara diawali dengan apel dan pelepasan di balaikota pada pukul 06.30. yang di pimpin oleh Ibu Selvi dari pemprov DKI.

Acara ini selain didukung oleh pemprov DKI sebagai penyelenggara, banyak pihak yang turut serta mensukseskan acara “Aksi Jakarta Bersih” ini. Terdapat 1000 orang yang hadir dalam acara tersebut meliputi  Satpol PP, Komunintas, LSM, Dinas terkait serta para relawan yang bergabung dari semua elemen masyarakat. Untuk mendukung acara ini Dinas Perhubungan mempersiapkan 20 bus untuk transportasi para relawan menuju lokasi. Semua pihak yang ikut serta dalam acara ini memiliki tujuan yang sama untuk kebaikan kota Jakarta. Seperti apa yang di sampaikan oleh Ibu Widia selaku panitia. “Acara ini bukan hanya program dari pak Jokowi tetapi acara ini dilaksanakan untuk membuat Jakarta lebih bersih, lebih baik,, serta bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kita semua”.


Acara ini merupakan salah satu tidakan pemerintah yang mengajak warga Jakarta untuk bersama- sama mencegah banjir dengan membersihkan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu pemerintah juga mempunyai program jangka panjang mengenai pencegahan datanganya banjir  seperti normalisasi sungai, pembuatan waduk sebagai tempat penampungan air, penangan sampah yang akan diselenggarakan secara besar-besaran pada tahun ini, membangun sumur resapan sampai pembuatan deep tunnel. Untuk mencapai jakarta yang lebih baik perlu adanya kerjasama yang berkesinambungan antara pihak pemerintah dan warga Jakarta. Dan sepertinya sudah banyak warga yang sadar dan ingin jakarta menjadi lebih bersih dan lebih baik lagi terbukti dengan banyaknnya orang yang hadir dalam acara ini. Semoga kedepannya terus diadakan hal-hal yang dapat membuat kedasaran warga jakarta bertambah untuk membuat kota ini menjadi seperti apa yang kita inginkan.(MY)

Comments System

Disqus Shortname