Saturday, June 16, 2012

Technopreneurship, seminar Enterpreneurship ala MI AMIK BSI


Inspirasi-Bina Sarana Informatika memang sangat gencar mengarahkan mahasiswa-mahasiswanya untuk menjadi seorang Wirausahawan agar dapat membuka dan menciptakan lapangan kerja baru. Kali ini jurusan Manajemen Informatika AMIK BSI menyelenggarakan sebuah seminar entrepreneur dengan tema dan nuansa berbeda dibandingkan dengan biasanya. Kegiatan seminar yang merupakan salah satu Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI ini sukses menyedot minat mahasiswa BSI Bogor untuk mengikutinya. Technopreneurship yang merupakan singkatan dari Technology Enterpreneurship merupakan tema dalam pengadaan seminar kali ini.

Alasan utama para mahasiswa sangat antusias mendaftarkan diri dalam seminar ini adalah dengan hadirnya bapak Romi Satria Wahono, seorang yang ahli dalam Technopreneurship. Seseorang yang terkenal dengan julukannya sebagai pakar yang ahli dibidangnya berhasil menghipnotis siapapun yang mengetahui tentangnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari  Rabu (06/06) kemarin itu memilih aula BSI Bogor sebagai tempat berlangsungnya acara tersebut. Kepadatan peserta sangat terlihat ketika memasuki pukul 11.00 WIB. Ruang aula yang berkapasitas 300 orang pada hari itu sekejap dipenuhi oleh 260 peserta.

Bapak Sismadi, ST, M.Kom yang pada kesempatan itu bertindak sebagai ketua pelaksana seminar tersebut menuturkan bahwa alasan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan para mahasiswa agar teknologi dapat dijadikan lahan untuk mencari nafkah yang lebih baik karena penerapan entrepreneur bukan hanya dalam hal berdagang saja. Selain itu juga agar mahasiswa lebih serius dalam mendalami bidang IT dan lebih semangat dalam membuat programnya. Faktor utama membludaknya peserta seminar adalah turun langsungnya bapak Sismadi untuk mempromokannya kepada mahasiswa yang ada dikelas-kelas dan dilab. Beliau mendemokan langsung kualitas pembicara dengan men-search-nya di Google. Pembatasan pesera seminar yang hanya dapat menampung 250 orang itu menimbulkan kekecewaan pada mahasiswa yang kehabisan bangku karena telat mendaftarkan dirinya. “Sedih, bete, kesel karena gak bisa dapet ilmu baru”, ungkap Dea Nuke salah satu mahasiswa yang tidak dapat mengikuti seminar tersebut.

Seminar diawali dengan pembahasan ‘10 Langkah Jadi Pebisnis IT untuk Mahasiswa Lugu’, topik yang cukup menggelitik yang membuat peserta tertawa kecil saat membacanya. “Kalau ada orang yang bilang sekolah itu tidak penting, SALAH” ucap beliau tegas, karena menurutnya untuk menjadi seseorang yang sukses setidaknya ia harus mempunyai ilmu sebagai bekalnya. Setelah itu ia menunjukkan bahwa pekerjaan terbaik di Amerika saat ini adalah Software Engineer dan orang terkaya di Amerika adalah Bill Gates dengan hartanya 46,5 Milliar USD. Hal itu cukup memberi pengertian bahwa saat ini IT sangat berpengaruh dan banyak diminati diseluruh dunia. Beliau juga mengungkapkan bahwa 10 sampai 20 tahun kedepan orang kaya di Indonesia akan beralih menjadi pebisnis teknologi (Technopreneurship).

Dalam kesempatan itu juga, laki-laki yang merupakan Founder dan Koordinator Ilmukomputer.com itu juga menyampaikan materi 10 langkah konsentrasi untuk menjadi seorang Technopreneur, yaitu: pahami kemampuan diri dan lingkungan, pilih partner dan tema produk, pilah dan pilih produk, lakukan amati, tiru dan modifikasi, tawarkan dan gratiskan, dapatkan portofolio dan promosi. lakukan blog marketing, kejar terus portofolio, benahi aplikasi dan tambahkan fitur, matangkan produk dan inovasi

Antusias yang tinggi sangat terlihat ketika pembicara menyampaikan materinya. Hal itu dikarenakan pria kelahiran Madiun ini santai dalam pemberian materinya. “Seminar pak Romi asyik dan lucu dalam penyampaian materinya”, ungkap Fahlian Deswiga. Pada sesi tanya jawab pun sangat menarik dengan candaan khasnya yang mengundang tawa para peserta, dan jawaban atas pertanyaan para mahasiswa memberikan kepuasan tersendiri.

“Tidak ada tokoh-tokoh sukses yang berjalan mulus atau selalu sukses. Untuk menuju kesuksesan selalu ada kegagalan terlebih dahulu”, ucap pak Romi memberikan semangat pada para peserta untuk tidak takut gagal dalam proses menuju kesuksesannya. Acara yang berakhir pada pukul 12.30 ini memberikan kesimpulan how want to be a millionare dan bagaimana membuat anda dikenal didunia maya tanpa mengeluarkan banyak uang.#Renny Widyanti

Comments System

Disqus Shortname