Thursday, May 24, 2012

SEMINAR IT “ROBOTIC PROGRAMMING” : Berkunjungnya ROBOT NAO ke AULA BSI Salemba 22


Minggu, bukanlah alasan untuk berhenti dari menuntut Ilmu. Mungkin inilah ungkapan yang layak disematkan oleh mahasiswa BSI Se JABODETABEK pada Minggu, 06 Mei 2012, lebih dari 250 Mahasiswa ikut berpartisipasi dan puluhan Panitia berkumpul di AULA BSI SALEMBA 22 dalam kegiatan SEMINAR IT “ROBOTIC PROGRAMMING” yang diselenggarakan oleh SENAT MAHASISWA AMIK BSI KAMPUS B yang bekerjasama dengan HIMPUNAN MAHASISWA MAHASISWA (HMJTK & HIMMI), ROBOTIC EXPLORER dan didukung oleh WORLD ROBOTIC EXPLORER (RUMAH ROBOT). SEMINAR IT  yang bertemakan “ROBOTIC PROGRAMMING” dengan pembahasan TEKNOLOGI ROBOTIKA SEBAGAI INOVASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN, Inovasi dalam bidang Akuntansi yaitu Robot yang membantu Perhitungan Akuntansi. SEMINAR IT ini merupakan Seminar yang lain dari kebanyakan kegiatan SEMINAR IT yang pernah diadakan pada Kampus BSI, Seminar IT ini merupakan pembuka untuk seminar IT Pertama yg membahas mengenai ROBOTIC PRIGRAMMING.
“Kami ingin melaksanakan kegiatan yang memiliki tema khusus dan spesifik, sehingga kami bisa menjawab kehausan akan Ilmu dari Mahasisw,” ujar Nurhandayani Selaku Ketua SENAT MAHASISWA AMIK BSI KAMPUS B.
“Kami berharap materi-materi yang disampaikan dalam SEMINAR IT ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa Kampus BSI Khususnya dan Masyarakat pada umumnya serta dapat mengembangkan cara dalam pola berfikir Mahasiswa yang lebih berkembang dalam ide-ide Kreatif dan Inovasi-inovasi baru lainnya dalam Pendidikan,” Suci Indah Selaku Ketua Pelaksana SEMINAR IT “ROBOTIC PROGRAMMING” menambahkan.
Kegiatan yang memiliki tujuan untuk menyebarkan Ilmu serta menjadi ajang Silaturahmi antara SENAT MAHASISWA AMIK BSI KAMPUS B dan HIMPUNAN (HMJTK & HIMMI) serta ORMAWA lainnya pada Kampus BSI, dimulai pada pukul 09.00 s/d 15.00. Dalam SEMINAR IT ini ada dibagi beberapa Pembahasan, diantaranya : Pengantar dan Pengenalan Robotic, Perancangan Software & Perancangan Hardware (Robot Bioloid), Riset Robot yang dapat membantu Perhitungan dalam Bidang Akuntansi (ROBOT AIKO yang berasal dari Negara Jepang), Simulasi “ROBOTIC PROGRAMMING” (ROBOT NAO yang berasal dari Negara PRANCIS).
Tidak tangung-tanggung, komitmen panitia untuk menjawab kehausan Ilmu dari mahasiswa tertuntaskan dengan kehadirannya ROBOT NAO yang didatangkan langsung dari Negara Prancis, robot yang berbandrol 170 juta rupiah ini pada awalnya hanya dipajang pada display ruang masuk seminar, sehingga banyak sekali mahasiswa yang penasaran dengan performa dari robot yang didominasi dengan warna putih ini.
Pembicara Bpk. Tedi Tajul Muhtadin S.Kom, berhasil membuat Peserta penasaran. Beliau alumni dari UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA (UNIKOM) yang memenangkan Juara Kontes Robot Tingkat Dunia 4 kali berturut-turut (2009-2010-2011-2012), Beliau juga pernah menjadi Tim Penilai Kontes Robot se Jawa Barat dan saat ini Beliau bergabung dengan ROBOTIC EXPLORER tempat Education Dunia Robotika yang berkerjasama dengan WORLD ROBOTIC EXPLORER yang mengklaim dirinya sebagai tempat Education ROBOTIC yang pertama Didunia yang berada di Thamrin City.
“Saya penasaran, mau lihat robot itu bergerak, maka dari itu saya bela-belain dating hari minggu. Selain karena ilmunya banyak, saya juga bisa melihat Robot secara langsung,” ungkap salah satu peserta yang hadir.
Sesi yang ditunggu-tunggu pun akhirnya datang. Setelah sebelum makan siang peserta hanya diberitahu tentang Pengantar, Pengenalan, dan Perancangan ROBOTIC PROGRAMMING”, maka kali ini peserta justru diperbolehkan secara langsng membantu pembicara untuk ikut memprogram robot ini sesuai dengan instruksi yang diberikan. Pembicara mengajarkan bagaimana cara untuk menseting gerakan dari robot ini dengan tips-tips yang ia berikan. Luar biasa, robot yang tadinya hanya diam tidak bergerak, kini bisa mengikuti instruksi-instruksi yang sudah dirancang. Bangun!, maka robot pun bangun seraya mengikuti instruksi yang diberikan. Sebelumnya intruksi yang diberikan kepada ROBOT NAO haruslah menggunakan Bahasa Inggris.
Kegiatan yang positif dengan maksud untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat, apalagi ditunjang dengan tema baru dan fresh yang mengikuti perkembangan dunia. Dengan demikian fungsi SENAT MAHASISWA serta HIMPUNAN MAHASISWA memiliki peran yang sentral untuk memajukan perkembangan pendidikan di kampus kita tercinta ini.# Suci Indah Permatasari

Comments System

Disqus Shortname