Friday, October 24, 2014

PSIL UI: Seminar Nasional: Mewujudkan Indonesia Maju 2030: Mungkinkah?

Foto : Marissa
Program Studi Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana Universitas Indonesia, menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Mewujudkan Indonesia Maju 2030 Melalui Pembangunan Berkelanjutan”. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jl. Salemba Raya No.28 A, Jakarta Pusat 10430, pada hari Rabu (22/10) mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB. Untuk dapat menghadiri acara ini, harus diawali dengan melakukan pendaftaran online, lalu panitia acara akan mengirimkan tiket ke email yang telah dicantumkan oleh calon peserta saat melakukan pendaftaran online. Setelah itu, peserta dapat masuk ke acara ini dengan menunjukan tiket yg telah dicetak atau di unduh ke ponsel dengan ditunjukkan ke panitia dan mengisi buku tamu. Peserta acara tidak dikenakan biaya apapun, difasilitasi makan siang, sertifikat, doorprize untuk 16 peserta beruntung ,dan tentunya ilmu yang sangat bermanfaat.

Seminar ini menghadirkan 4 pembicara yakni Keynote Speech oleh Prof. Emil Salim, MA., Ph.D. Beliau memberikan arahan untuk mewujudkan Indonesia maju 2030 melalui pembangunan berkelanjutan berdasarkan keunggulan kompetitif dan komparatif Indonesia. Juga ada 3 pemateri lagi, yakni Prof. Dr. Rokhmin Dahuri membahas tema “Menyeimbangkan Aspek Ekonomi, Sosial dan Lingkungan dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Berkelanjutan”, Prof. Raldi Hendro Koestoer, M.Sc., Ph.D. dengan tema “Mengembangkan SDM Kompetitif, Kreatif, Inovatif dan Berjiwa Entrepreneurship yang Berwawasan Lingkungan”, dan tema “Penguatan Kelembagaan dan Good Governance untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia dalam kerangka Pembangunan Berkelanjutan”, oleh Ir. Deddy S. Bratakusumah, BE., MUPD, M.Sc., P.Hd.

Salah satu tujuan acara ini adalah, mengetahui strategi dan upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia yang kompetitif, kreatif, inovatif, dan berjiwa entrepreneurship untuk mengelola sumber daya alam dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Peserta seminar berjumlah 300 orang yang terdiri atas pengambil kebijakan di pusat dan daerah, praktisi bidang sumber daya alam dan lingkungan, akademisi, mahasiswa serta penggiat LSM.

“Kendala dalam pembuatan acara ini adalah sulitnya panitia acara untuk dapat berkumpul bersama karena masing-masing sudah bekerja, namun kendala ini dapat teratasi dengan berbincang lewat e-mail atau whats app.” Kata Dyah Puspasari, Ketua Panitia Pelaksana saat ditanyai mengenai proses pembuatan acara. “Dalam menentukan narasumber, terlebih dahulu kita menentukan konsep, setelah itu kami membuat proposal untuk meminta narasumber menjadi pembicara di acara ini, lalu kami kirimkan ke emailnya, sedangkan Prof Emil, kebetulan beliau pembimbing saya dan sering ada di lingkungan PSIL, jadi lebih mudah.” Tambahnya.

Acara ini tentu tidak dapat berjalan sempurna tanpa adanya seorang moderator yang luar biasa, yakni Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. “Kesimpulan diskusi ini, dapat atau tidaknya kita mewujudkan Indonesia maju, sangat bergantung pada pemerintah, yang harus menempatkan orang-orang yang amanah untuk bekerja keras demi Indonesia maju melalui pembangunan berkelanjutan.” Ucap Dosen Ilmu Lingkungan ini. “Untuk kemungkinannya, kita harus optimis bahwa negara kita mampu mewujudkan Indonesia maju. Kita harus mampu untuk thinking out of the box.” Tambah moderator sekaligus Penanggung Jawab acara ini.

“Acaranya sangat berkualitas, dan memberi banyak ilmu yang bermanfaat. Selain itu juga menghadirkan narasumber-narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.” Ujar Teguh, salah satu peserta seminar ini. “Tindak lanjut dari hasil seminar ini, mau susun banyak ringkasan eksekutif, yaitu apa yang disampaikan oleh para narasumber, juga kesimpulan-kesimpulan, untuk disampaikan ke pemerintahan baru.” Ungkap Dyah, mahasiswa S3 Program Studi Ilmu Lingkungan UI. (marissa)

Comments System

Disqus Shortname