Sunday, January 12, 2014

SYIAR : Bersama Alam Memahami Kalam



SYIAR (Study Islam Alam Raya) yang merupakan agenda tahunan dari UKM Badaris BSI pada tahun 2013  telah terselenggarakan pada tanggal 28-30 Desember 2013 di daerah Cisarua tepatnya di wisma pangerukan Bogor, berjalan dengan lancar hingga acara tersebut selesai.

Diikuti oleh 158 peserta dari 11 Cabang Badaris yang telah tersebar di BSI Se-jabodetabek diantaranya cabang Badaris Bsi Fatmawati, Kramat-salemba, Bogor, Depok, Ciledug, Cimone, Bekasi, Jatiwaringin, Cikarang, Cengkareng, dan BSD. Pesertanya beragam bukan hanya dari kalangan mahasiswa BSI saja. Ada beberapa peserta umum yang ikut di sana. Peserta umum dari anak SMA dan remaja masjid bahkan ada dosen BSI yang ikut serta menjadi peserta SYIAR 2013 kemarin. Selain itu peserta yang ikut bukan hanya dari cabang BSI Se-Jabodetabek yang terdapat UKM Badarisnya saja, ada 2 kampus yang pesertanya ikut namun belum ada UKM Badaris disana, seperti BSI dewi sartika dan BSI Universitas Bandung.

Pada SYIAR 2013 ini bertemakan 'Bersama Alam Memahami Kalam'. ”Tema tahun ini mengandung arti agar kita lebih mengenali dan menaruh kepedulian akan tanda tanda kebesaran Allah S.W.T di alam ciptaanNya. Aamiin”, tutur dari Arya Jagad Pamungkas selaku Ketua Pelaksana.

“Suasana dingin puncak cisarua tidak membuat semangat para peserta pudar untuk mengikuti rangkaian demi rangkaian acara Syiar badaris 2013 yang telah di rancang oleh panitia. Acara syiar badaris tahun ini lebih padat dan berisi. Mulai dari mentoring, penyampaian materi oleh para Trainer dan Ustad, tilawah bareng, menghafal al-Qur'an bareng, sholat wajib dan qiyamul lail yang senantiasa berjama'ah dengan di imamkan dari kader-kader Badaris yang memiliki bacaan Al-qur'an yang baik, tidak diberikan celah peserta untuk leha-leha ataupun bermain sendiri, zikir dan tilawah al qur'an senantiasa menggema di setiap sudut ruangan kamar, dan kadang walau tidak ada pj kamar saya mencoba mengecek mereka, ternyata mereka sedang melingkar saling menghafal al qur'an, tilawah al qur'an ataupun zikir dan sholawatan bareng teman-teman kamarnya. Alhamdulillah keadaan terkondisikan seperti layaknya pesantren kilat.” Tutur dari salah satu Pengurus Badaris Pusat.

Setelah lelah selama 2 malam mengikuti rangkaian acara yang padat dan serius, di malam ke-3 nya para peserta disajikan dengan acara malam muhasabah untuk dijadikan malam instropeksi diri, mempersiapkan diri menyambut awal tahun dengan energi positif dan semangat yang tinggi, agar nantinya dapat bermanfaat bagi peserta maupun para panitia itu sendiri. Lalu dilanjutkan dengan sholat shubuh berjama'ah ditambah dengan kultum yang di isi oleh salah seorang dari Pengurus Badaris Pusat serta dilanjutkan dengan zikir al matsurat bersama, setelah para peserta disuguhi dengan acara muhasabah yang sangat menguras energi lalu pukul 06.30 wib tepat peserta sarapan pagi dan dilanjutkan dengan agenda yang amat ditunggu-tunggu yaitu saatnya refreshing dengan bermain games dan outbound.

Pagi yang di selimuti kabut tebal, sekitar setengah meter jarak pandang yang bisa ditembus mata kasat kita, dan diiringi dengan rintik-rintik air tidak menyurutkan para peserta untuk terus menerobos hujan dan kabut demi mengikuti acara games dan outbound, antusias peserta membuat panitia semakin bersemangat dalam memberikan yang terbaik buat mereka. Delapan permainan yang telah panitia sajikan harus terhenti juga, karena hujan semakin deras dan arena permainan semakin licin.

“Pulang syiar badaris 2013 memang capek dan melelahkan, tp semua itu gak kan terasa krn membawa segudang ilmu yang bermanfaat”. Ujar Cholifah salah satu peserta SYIAR dari salemba 22.

“Dan Semoga Syiar Badaris 2013 ini memberikan manfaat bagi peserta yang ikut didalamnya, dan bagi para panitia,Pengurus Pusat dan alumni Badaris maupun sponsor yang ikut serta mendukung acara ini semoga Allah meridhoi dan menggantikan kelelahan, keringat dan waktu kalian dengan Syurga terbaik disisi-Nya kelak. Aamiin” Tutup Cucu Samsu, Ketua Badaris Pusat dalam sambutan penutupan kegiatan SYIAR 2013. *(Denny Hardyana)










Comments System

Disqus Shortname