Friday, October 17, 2014

Calandra: How To Make an Interesting,Comfortable, and Safety Adventures

Salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Bina Sarana Informatika, Calandra, menyelenggarakan sebuah  acara talkshow dengan tema How To Make An Interesting, Comfortable, and Safety Adventures. Tepatnya pada hari minggu (12/8) lalu, di Aula kampus BSI Pemuda, Jl. Kayu Jati 5 No. 2, Rawamangun, Jakarta Timur, acara ini telah berlangsung sukses. Bagaimana tidak? Acara yang hanya membutuhkan kurang lebih 3 minggu saja untuk rampung, mampu menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya. Seperti Hydria Natalia, pemain film dokumenter Hawa Mahameru yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Juga ada pewarta foto dari liputan6.com yg akrab disapa Bang Helmi. Beliau juga merupakan senior Calandra angkatan 1995. Juga ada Ahmad Syahroni, mantan ketua Calandra tahun 2008, yang sudah sangat berpengalaman dalam mengatur suatu perjalanan seperti mendaki gunung, arung jeram, maupun penelusuran goa yang memang spesialisasi divisinya.

“Tujuan sebenarnya sih kita ingin berbagi dan mengedukasi teman-teman dalam bertualang, karena belakangan ini banyak berita-berita pendaki meninggal karena tersesat dengan membawa perbekalan minim, akibatnya hilanglah nyawanya.” Ujar Eko Heru Siswanto, selaku Project Officer talkshow ini. Acara ini dibuat khususnya untuk mahasiswa BSI, namun tidak menutup untuk kalangan umum yang berkenan datang.
“Saya sangat excited dengan tema acara ini, saya bisa sharing tentang pengalaman-pengalaman saya.” Kata Hydria, yang telah mendaki sebanyak kurang lebih 20 gunung sejak 1997, dan memfavoritkan Merbabu diantaranya.

Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan acara ini, adalah mengenai proses peminjaman ruangan saja. “Kendala paling sih perizinan kampus tentang peminjaman ruangan aula BSI. Awalnya kami maunya di BSI Salemba 22, namun karena miss communication dari KC setempat dan staff pudir jadi kita dipindahkan ke aula BSI Pemuda.” Ungkap Eko, yang pernah melakukan pendakian marathon 12 gunung di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.000 mdpl dalam rangka menyambut ulang tahun Calandra ke 12 tahun.
Acara berupa talkshow seperti ini adalah kali pertama diadakan oleh UKM yang terbentuk sejak 1993 ini. “Untuk acara ini, kita baru pertama kali mengadakan.” Ungkap Eko,  mahasiswa alumni jurusan Manajemen Informatika ini. “Mungkin evaluasinya kita akan adakan acara semacam ini yang bisa mengedukasi teman-teman di setiap kampus dan di hari selain minggu.” Tambahnya.

“Acaranya bagus banget, bikin pengen ngedaki gunung lagi. Apalagi dimotivatorin sama Mbak Ria.” Kata Oma, mahasiswa jurusan Teknik Komputer ini saat ditanyai mengenai testimoni acara. (marissa)

Comments System

Disqus Shortname