Friday, July 13, 2012

“AKPAR BSI Yogya Kampus Sarat akan Inovasi”


Pencarian Kontributor dalam rangkaian Roadshow Workshop Kepenulisan dan Foto Caption LPM kali ini Inspirasi bertandang ke kota terakhir dalam list kami di kepulauan jawa, yaitu BSI Yogyakarta. Banyak hal baru yang kami temukan disini, meskipun di bulan juli kampus di liburkan selepas Ujian Akhir Semester (UAS) namun sambutan dari ketua senat AKPAR sangatlah hangat. Terbukti walaupun tak ada peserta sama sekali namun Edi Ronaedi selaku ketua senat meluangkan waktu di tengah kesibukannya bekerja, menghubungi teman-teman seangkatanya untuk tetap datang ke kampus dan menyambut kami dengan pertunjukan Bottle Juggling atau yang biasa disebut juggling botol.

Bertempat di Akademi Pariwisata BSI, Jl. Ringroad Barat, Ambar Ketawang, Gamping, Sleman, Yogyakarta, pria D3 jurusan perhotelan itu bersama dua teman laki-lakinya menunjukan kebolehan mereka ketika meracik minuman. Juggling botol merupakan sebuah seni dalam memainkan botol, atau yang biasa disebut flair bartending. Sebenarnya keahlian memainkan dan melempar botol ini gak begitu sulit tapi tetap harus rajin berlatih agar terbiasa dan gak kagok ketika melempar, kami biasanya belajar lewat you tube atau melihat dari para bartender di club-club, ujar Edi.


Sebenarnya kami merasa senang bisa berkumpul dalam satu kampus jurusan kepariwisataan, karena ini memang impian kami. Yang kami sesalkan mengapa tak banyak yang tau keberadaan akademi pariwisata BSI di Yogyakarta, dan peminatnya pun cenderung masih sedikit, tuturnya. Suko Cahyono mahasiswa semester 4 jurusan perhotelan mengungkapkan ketertarikanya masuk AKPAR,  dikarenakan dia penasaran akan kerja di dunia perhotelan seperti apa, dan kebetulan ada juggling kenapa enggak belajar, secara persyaratan agar cepat dapat kerja salah satunya yaitu mahir meracik minuman dengan atraksi juggling juga , ungkapnya. Saat ini anggota sudah ada 4 orang yang lihai memainkan botol. Kami sih baru maen di sekitar kampus aja. Pertama pas ada tamu dari Amerika dan pada saat Baksos Donor Darah dan Pemeriksaan Gigi pada 23 Juni lalu. “Kami baru bisa meracik minuman non alcohol aja sih seperti mocktail”. 

AKPAR BSI Yogyakarta banyak membuat gebrakan dengan beragam acara yang mereka buat, diantaranya Kompetisi Juggling dengan tema “Moctail Flair Bartending Competition” yang berlangsung bersamaan dengan Grand Opening BIZZ Hotel yang merupakan hotel kampus pertama yang berdiri di AKPAR BSI Yogya. “Tadinya lahan kosong ini sempat mau dibuat lapangan voli, tapi karena kami berusaha dengan sangat keras untuk menyampaikan mimpi kami sebagai mahasiswa perhotelan ingin memiliki setidaknya tempat praktek studi perhotelan yang layak akhirnya direalisasikanlah harapan kami tersebut, hingga peresmian hotel ini pada 31 maret 2012 lalu.

Saat kegiatan Bakti Sosial Donor darah dan Penyuluhan Gigi AKPAR pun kembali mengekspresikan kemampuannya dalam memecahkan rekor membuat gunungan berbentuk tumpeng dengan bahan yang disusun dari roti yaitu cup cake. Roti ini dibuat 1 hari sebelum acara Baksos dilaksanakan dan dikerjakan dari pagi sampai sore. Kemudian roti-roti disusun menjadi gunungan dari malam sampai pagi. Hingga memecahkan rekor 1300 roti tersusun menjadi gunungan yang berbahan roti, dengan hiasan yang unik dan menarik serta menggugah selera. Banyak warga yang datang tak mau ketinggalan mencicipi cup cake yang menyerupai tumpeng ini. “Kami menyatukan 1300 cup cake ini dengan adonan tepung kanji agar dapat menyatu dengan sempurna dan tidak roboh ketika dipamerkan”,jelas pria berbaju putih ini. Harapan kami BSI dapat lebih memberi perhatian kami, khususnya pada jurusan perhotelan dan pariwisata karena kebutuhan kami untuk mengembangkan keahlian serta potensi di bidang ini cukup tinggi. “Kami pun berharap BIZZ Hotel dapat dikenal dan dapat sejajar dengan hotel-hotel yang sudah berdiri saat ini”, tutup Edi.#JULIANA PRISCILLA DEWI

Comments System

Disqus Shortname