Wednesday, February 11, 2015

Pendidikan Dasar KSR BSI Angkatan ke -3

KSR BSI kembali menyelenggrakan Kegiatan Pendidikan Dasar calon Anggota baru KSR Bina Sarana Informatika,  acara ini dilaksanakan pada  tanggal 29 Januari -  01 Februari 2015 bertempat di Taman Nasional Gunung Halimun, Salak Pergerakan dari Kab. Bogor - Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Sesuai dengan tema Pendidikan dasar III KSR PMI Unit BSI yaitu, “ Jadilah Relawan yang Cerdas di Ruangan dan Tangguh di Lapangan “ maka kegiatan ini bertujuan membentuk jiwa – jiwa relawan muda di kalangan mahasiswa yang mampu menjadi panutan, tak hanya mampu dalam bebicara dan berargumentasi tapi mampu beraksi dan siap siaga dalam segala kondisi, terutama kesiapsiagaan dalam menghadapai bencana. Kegiatan ini juga melatih bagaimana menyatukan kecepatan, ketepatan dan ketanggapan relawan untuk menolong korban kecelakaan atau bencana dengan benar. 

Pendidikan Dasar (DIKSAR) merupakan suatu syarat yang harus dilewati seorang calon anggota untuk menjadi anggota di KSR PMI, baik unit markas maupun Perguruan Tinggi. Untuk KSR BSI sendiri tahap seleksi calon anggota baru KSR BSI dilakukan mulai dari perekrutan, interview, psikotes dan tes tertulis, pembekalan materi hingga akhirnya tiba pada kegiatan inti yaitu Pendidikan Dasar di Lapangan. Hasil seleksi ketat yang dilakukan akhirnya menyisakan calon Anggota yang berjumlah 14 orang diantaranya 6 laki – laki dan 8 wanita dari jurusan yang berbeda –beda dari  3 kampus BSI, yakni kampus BSI Cengkareng, Kampus BSI Jatiwaringin dan Kampus BSI Cikarang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin Tahunan yang ke 3 sejak berdirinya KSR BSI.
“Tirta Cangkuang” (TC) , menjadi nama dari Angkatan ini. Hal ini tercetus karena sepanjang kegiatan ini berlangsung mereka terus di terpa dengan air, mulai dari air hujan, menyusuri sungai, dan finish di air terjun. Tirta artinya Air dan Cangkuang adalah nama curug/air terjun tempat mereka berikrar.

Tugas dan peran penting yang diemban oleh KSR BSI tak hanya terbatas pada donor darah ataupun kegiatan bersifat seremonial saja, tapi menjadikan organisasi KSR  BSI yang berkompeten dan harus lebih meningkatkan profesionalisme dan kreatifitas anggotanya dalam setiap gerak langkahnya adalah yang utama serta orientasi yang jauh kedepan, yakni mempersiapkan diri dalam membantu Lembaga, pemerintah dan pihak – pihak yang peduli dengan sosial kemasyarakatan dalam meringankan beban masyarakat di tengah – tengah krisis moral dan ekonomi yang melanda bangsa Indonesia.


Endah Dwi Lestari Selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini mengaku sangat bangga  dan memberikan apresiasi atas antuasis dan semangat para peserta sekaligus seluruh panitia yang telah memberikan kontribusi tenaga, fisik maupun pikiran demi menyukseskan kegiatan ini dan tak lupa terimakasih juga kepada kakak – kakak pendamping dari KSR PMI Unit Markas Jakarta Barat yang tak henti – hentinya memberikan ilmu, motivasi, solusi dan dukungan demi suksesnya kegiatan ini. Sebagai penutup tak akan bosan –bosannya kami sampaikan slogan SIAMO TUTTI FRATELLI ( KITA SEMUA BERSAUDARA ) berharap akan selalu tertanam dan tumbuh subur dalam jiwa kami sebagai Relawan. (KSR BSI)

Comments System

Disqus Shortname