Wednesday, February 11, 2015

Jakarta Tergenang Banjir, KSR BSI Bantu PMI Wilayah Kota Jakarta Barat Siaga Bencana


Hujan deras turun hampir di seluruh wilayah Jakarta sejak minggu malam hingga pagi Senin (09/02/15). Akibatnya , sejumlah wilayah di Ibukota tergenang air dengan ketinggian beragam di setiap titik. Bencana tahunan yang sering menimpa Ibukota ini ikut menggerakan hati dan sikap anggota KSR BSI sebagai UKM di bidang Kemanusiaan dan Aksi Sosial.
Merespon bencana banjir yang terjadi karena curah hujan yang tinggi dari malam hingga siang hari itu , KSR BSI langsung dengan sigap memobilisasi anggotanya ke markas PMI Wilayah Kota Jakarta Barat di Jl.Perdana No.12, Jelambar untuk siaga bencana. Karena akses yang sulit di tempuh dengan menggunakan motor, anggota KSR BSI yang dimobilisasi berjalan kaki dari rumah masing- masing , sekaligus melakukan assesment (pendataan kondisi banjir). Respon lainnya adalah Sukarelawan gabungan yang terdiri dari KSR BSI, KSR Cabang Kota Jakarta Barat, KSR Esa Unggul ,Sibat, dll.Sesampainya di TKP kami  langsung membentuk posko bencana banjir di markas PMI Kota Jakarta Barat dan dibeberapa wilayah di Jakarta Barat.



Selanjutnya, atas koordinasi yang baik dengan pihak PMI, Dika Permata, selaku Komandan KSR BSI , memberi intruksi kepada anggota KSR BSI untuk terlibat langsung disemua lini penugasan yang di lakukan PMI, Mulai dari Assesment, Evakuasi, Logistik, Komifo,Distribusi dan Dapur Umum (DU). Selain itu juga tim gabungan relawan KSR PMI Markas dan KSR BSI di mobilisasi menjadi tim assesment untuk melakukan pendataan banjir serta memobilisasi perlengkapan pendirian tenda  untuk penampungan pengungsi dan makanan. Di Kelurahan Kedoya Utara, Posko dan Dapur Umum (DU)  didirikan oleh anggota SIBAT setempat. Sedangkan pengungsi yang paling banyak  terdapat pada posko Pasar Sentral Rawa Buaya.
 Berdasarkan data Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdaplos) Badan Pusat Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terdapat 53 titik genangan di sejumlah  ruas jalan di Jakarta. Sebanyak 22 genangan di wilayah Jakarta Barat dan sejumlah wilayah di kota jakarta barat sudah tergenang banjir. Wilayah tersebut meliputi, RW 05,RW 11, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, ketinggian air 50 cm. Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, ketinggian air 100 sentimeter. 


Selanjutnya di RW 01, RW 02 dan RW 08, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, ketinggian air mencapai 100 cm. Komplek Green Garden RW 09,kelurahan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk , ketinggian air 50 cm. Sementara di RW 02 , kelurahan Kelapa Dua , Kebon Jeruk, ketinggian air mencapai 70 cm. Kemudian RW 04 kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Titik genangan tersebut membuat beberapa ruas jalan terputus dan kembali menimbulkan kemacetan di Ibukota.
“Banjir diibukota disebabkan curah  hujan yang tinggi dan sistem drainase juga tidak bisa mengalirkan air secara optimal karena debit air terlalu besar.  begitulah perkataan “ Wakil Gubernur Jakarta, Bapak Djarot Saiful Hidayat ketika mengunjungi korban banjir di posko Pasar Sentral Rawa Buaya, Jakarta Barat. (KSR BSI)

Comments System

Disqus Shortname