Monday, October 8, 2012

Serunya di Media bersama Prajurit Inspirasi


Inspirasi- Ruang kelas 201 di lantai II Kampus BSI Salemba 22, Jakarta Pusat menjadi tempat yang disediakan untuk agenda “TalkShow : Serunya di Media” pada pertemuan Prajurit I (Pelatihan Jurnalistik Rutin) media Inspirasi, 30 September 2012.

Meski acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, banyak peserta yang sudah lama menunggu lebih awal bahkan sejak pukul 07.00 pagi. Peserta dan kontributor yang berjumlah sekitar 30 orang ini, berasal dari kampus BSI Sejabodetabek, bahkan tidak sedikit teman-teman dari Karawang dan Cikarang. Hal ini didasari oleh kemauan dan antusiasme peserta untuk menggali ilmu dan menambah wawasan tentang dunia media dan jurnalistik.

Acara dibagi menjadi 2 sesi, yakni pada acara pertama peserta disuguhkan sebuah film dari kisah nyata seorang Jurnalis Fotografi yang berjudul “Bang-Bang Club”, sebuah kisah hidup dari Kevin Carter yang salah satu fotonya memenangkan Penghargaan Pulitzer (sebuah  penghargaan karya fotografi paling bergengsi) yang dinilai kontroversial. Yakni, gambar seorang anak perempuan  di daerah pedalaman Sudan yang mengalami krisis kelaparan sedang diintai oleh burung pemakan bangkai. Film tersebut berhasil menumbuhkan jiwa dan mentalitas kejurnalistikan para calon anggota baru Lembaga Pers Mahasiswa Inspirasi. Banyak diantara mereka yang berani untuk maju kedepan mengulas dan menanggapi visual tersebut.

Meskipun banyak hambatan yang dirasakan panitia, diantaranya seorang pembicara  yakni Jastis Arimba alumni LPM yang kini berprofesi sebagai Producer Eagle Award di Metro TV mengcancel kehadirannya dikarenakan kondisi yang kurang fit. Namun acara tetap dapat berjalan dengan baik hingga akhir.
“Acara yang sangat menarik, walau rasanya kurang persiapan” ungkap lugas Choirul Huda, mahasiswa jurusan Tekhnik Komputer di Kramat 18.

Disesi yang kedua panitia menghadirkan Bapak Didin S.Sn (Konsultan Media) yang merupakan salah satu pendiri UKM LPM Inspirasi, menjadikan acara TalkShow menjadi lebih hidup dan bersemangat serta menangguhkan jiwa para calon-calon jurnalis hebat untuk merasakan keseruan dan keasyikan di Media, membaginya dengan gaya bercerita yang ringan dan akrab karena hasil dari perjalanan panjang beliau sejak masa dibangku kuliah yang telah berprofesi sebagai wartawan hingga terus menjalani karirnya di media baik di Indonesia maupun diluar. Sebuah semangat dan usaha yang luarbiasa sehingga terus membentuk pribadi yang kuat dan sukses, motivasi tersebut yang juga ditularkan kepada para calon anggota baru LPM Inspirasi.


Acara ditutup dengan sesi berfoto bersama dan pengakraban diri antara peserta dan panitia, ada sebuah harapan dan upaya untuk terus membagi semangat jurnalisme kedalam setiap individu akademisi para mahasiswa BSI agar tercipta sebuah ranah berpendapat yang intelektual dengan bahasa tulisan dan pemberitaan, semoga upaya kami tak henti, untuk terus berkarya untuk terus menjembatani diri menaiki anak-anak tangga kebermanfaatan, salam jurnalis muda! (DZ) 

Comments System

Disqus Shortname