Saturday, April 6, 2013

Objek Wisata Gua Pamijahan


Gua Saparwadi atau yang lebih dikenal dengan nama gua Pamijahan merupakan salah satu dari tiga objek wisata rohani yang terdapat di Jawa Barat setelah Banten dan Cirebon, Tepatnya berada di desa Pamijahan kecamatan Bantar Kalong kabupaten Tasikmalaya.

Gua yang sering dijadikan tempat berziarah ini dulunya merupakan tempat mukin dan mendakwahkan ajaran islam oleh syekh Abdul Muhyi, yang sebelumnya juga pernah ditempati oleh syekh Abdul Qodir Jaelani dan gurunya syekh Imam Sanusi.

Gua yang terletak di kaki gunung Mujarrod ini dipenuhi oleh stalakmit dan stalaktit serta ruang-ruang bersekat yang  menurut cerita yang dipercayai masyarakat merupakan mushola, mimbar dan tempat pertapaan syekh Abdul Muhyi selama dalam menyebarkan ajaran islam. Selain itu terdapat pula lorong- lorong gua yang dipercayai pula sebagai jalan pintas menuju Banten, Cirebon bahkan Mekkah.
Setiap hari- hari  besar Islam seperti pada bulan Rabiul’awal, Sya’ban dan Muharram peziarah dapat mencapai ribuan orang perhari sehingga dapat mendorong roda perekonomian masyarakat sekitar.(inspirasi)



Comments System

Disqus Shortname