Monday, December 14, 2015

English For Children Dosen BSI Mengabdi Untuk Masyarakat



 
Metode Pembelajaran  have fun learning dengan melibatkan ranah kognitif, afektif dan psikomotrik 
diimplementasikan para dosen BSI pada kegiatan pengabdian masyarakat di PAUD Melati  Cawang Jakarta TImur, 7 Desember 2015. Metode ini adalah jawaban tepat atas tantangan dalam proses pembelajaran untuk anak-anak usia dini. Materi yang diberikan adalah mengenal berbagai macam warna dalam bahasa inggris dengan  menggunakan media digital seperti video disertai lagu. Dosen mendampingi mereka untuk memahami materi tersebut secara bilingual. Hal ini dilakukan untuk menciptakan iklim belajar yang menyenangkan sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam belajar.
Aspek kognitif mencakup kegiatan otak seperti berfikir dan menghafal gambar-gambar serta nama warna dalam bahasa inggris yang tampil di video. Tidak hanya itu, ranah kognitif juga berguna bagi anak dalam menemukan hal baru dari sebuah kata bahasa inggris. Sebagai contoh ketika mereka mengenal kata red yang artinya merah, mereka akan mengaitkan kata tersebut dengan benda yang ada disekitar mereka, entah itu baju merah yang mereka gunakan atau tas merah milik temannya.


Aspek afektif berkaitan dengan sikap dan nilai. Dari aspek ini yang ditunjukkan anak-anak adalah sikap dan minat mereka terhadap pembelajaran pada video tersebut. Mereka antusias untuk mengikuti, memperhatikan dan mengucapkan kembali kata-kata yang ada di video. Artinya, dalam kegiatan ini terlihat adanya partisipasi anak secara aktif dalam proses belajar.
Aspek psikomotorik yaitu keterampilan atau kemampuan dalam bertindak yang melibatkan otot dan kekuatan fisik. Dalam aspek ini sebenarnya kelanjutan dari aspek kognitif. Ketika anak mengenal kata red yang artinya merah dan melihat sebuah benda seperti apel merah (aspek kognitif), maka dalam tahap psikomotorik, anak-anak akan menuangkan pemahamannya dengan melakukan sebuah tindakan fisik, contohnya mewarnai. Dalam tahap evaluasi pembelajaran, anak-anak diberi selembar kertas yang menampilkan sebuah gambar tanpa warna. Tugas mereka adalah memberi warna pada objek gambar tersebut dengan warna yang tepat. Seperti contoh, buah apel lebih tepat jika diberi warna merah atau red. Contoh lain pemberian warna yang lebih general adalah gambar mobil dan bola. Beberapa anak akan bereksperimen dalam memberikan warna yang general, seperti mobil yang berwarna hitam, bola yang berwarna-warni. Dalam kegiatan ini, anak-anak dilatih untuk mengingat antara bentuk, warna serta pengucapan warna tersebut dalam Bahasa inggris. [Rahmawati]

Comments System

Disqus Shortname