Wednesday, September 16, 2015

Membentuk pribadi mahasiswa baru dengan orientasi akademik dan seminar motivasi.


 Ospek, mungkin selama ini dalam pikiran mahasiswa baru terdengar menakutkan dan secara otomatis mereka akan membayangkan hal – hal yang dirasa melelahkan.  Berkaitan dengan hal tersebut, Bina Sarana Informatika berinovasi dengan meniadakan ospek untuk mahasiswa baru dan menggantinya dengan orientasi akademik atau bisa disebut dengan ormik dan seminar motivasi.

Orientasi akademik adalah kegiatan pengenalan profil kampus kepada mahasiswa baru, di BSI Karawang sendiri ormik dilaksanakan pada hari sabtu (12/09). Mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan ini berjumlah kurang lebih 500 orang dan acara dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 07:00 WIB dan diakhiri pada pukul 12:00 WIB. Sedangkan, untuk sesi kedua dimulai pada pukul 13:00 WIB dan diakhiri pada pukul  17:00 WIB.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjut dengan Mengheningkan Cipta yang dipandu oleh MC. Selanjutnya, Bapak Dede Nurrahman, S.Kom selaku Wakil Koordinator Cabang kampus BSI Karawang memberikan sambutan hangat kepada mahasiswa baru sekaligus memotivasi mereka untuk serius mengikuti perkuliahan. Kemudian, bapak Robi Sopandi, M.Kom mengenalkan profil kampus, fasilitas, team bagian dan kegiatan – kegiatan apa saja yang bisa diikuti oleh mahasiswa. Diakhir pengenalan kampus acara dilanjutkan dengan Seminar Motivasi untuk mahasiswa baru oleh bapak Ishak Kholil, M.Kom selaku narasumber.


Ketua panitia orientasi akademik dan seminar motivasi BSI Karawang, Anjar Nugroho, S.Kom dan Dede Firmansyah, S.Kom selaku MC kompak mengatakan “Inovasi ini (ormik, red.) sangat harus dilakukan. Karena menurut kami, ospek hanya akan merendahkan harga diri mahasiswa”. Kegiatan yang diakhiri dengan bakti sosial membersihkan lingkungan disekitar kampus ini mendapat respon positif dari mahasiswa baru. Karena dengan meniadakan ospek dan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih positif diharapkan dapat membentuk pribadi mahasiswa yang lebih baik. (MJR)

Comments System

Disqus Shortname