Thursday, March 15, 2012

Sertijab BEM BSI- Membentuk Mahasiswa Berkarakter




Sebagai PRESMA dan WAPRESMA baru, kami akan mewujudkan BSI yang lebih maju dengan membentuk karakter mahasiswa dari segi moralitas dan mentalitas.


Setelah sempat mengalami pengunduran hari Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) yang semula diadakan pada Rabu, 8 Febuari 2012, akhirnya Syaiful Ulum dan Jaka Januar diangkat sebagai Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan PRESMA dan WAPRESMA BEM BSI tahun 2012-2013.

Acara yang berlangsung pada Rabu, 15 Febuari 2012 itu dimulai pukul 11.00 WIB, mundur satu jam dari waktu yang tertera di surat undangan. Ketidaktepatan ini disebabkan oleh beberapa UKM yang terlambat hadir di BSI Kramat 18. Acara kelanjutan SERTIJAB ini dihadiri oleh perwakilan MPM beserta ketuanya Syaiful Amir Syah, perwakilan KPU yang diketuai Elmawan Ramdani, PRESMA dan WAPRESMA BEM angkatan 2011-2012 Imam Choirul Roziqin dan Gia Prasetya, PRESMA dan WAPRESMA tahun 2012-2013 Syaiful Ulum dan Jaka Januar, serta perwakilan dari senat mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Acara dimulai dengan sambutan ketua MPM, disusul sambutan dari ketua KPU Elmawan Ramdani, setelah itu masuk ke acara inti yakni presentasi laporan pertanggung jawaban (LPJ) BEM BSI kepengurusan tahun 2011-2012 oleh PRESMA BEM yang menjelaskan mengenai strukturisasi LPJ, dimulai dari visi dan misi BEM kepengurusan tahun 2011-2012, program kerja, kegiatan yang berhasil dijalankan dan tidaknya, sampai transparasi dana. Namun disayangkan LPJ tersebut dipresentasikan tidak disertai dengan hardcopy untuk dibagikan ke peserta yang menjadi saksi saat itu, namun Imam menjelaskan bahwa LPJ BEM ini dapat di download melalui situs www.bem-bsi.org meski nyatanya sampai sekarang LPJ tersebut belum bisa diunduh di situs tersebut. Belum jelas alasannya mengapa, namun kami tim reporter mencoba untuk investigasi lebih lanjut kepada pihak yang bersangkutan.

Ditemui di tempat yang sama, Syaiful Ulum mengungkapkan secara garis besar visi dan misi BEM BSI 2012-2013. “Sebagai PRESMA dan WAPRESMA baru, kami akan mewujudkan BSI yang lebih maju dengan membentuk karakter mahasiswa dari segi moralitas dan mentalitas, menjadikan BEM BSI lebih banyak andil terhadap kegiatan organisasi-organisasi di bawahnya,” ungkapnya. Dilanjutkan oleh Jaka Januar yang menyatakan bahwa misi mereka yakni mensinergikan BEM dan IKBM dengan ikatan yang kuat dan pelayanan yang terbaik agar terciptanya inovasi, kreatifitas dan advokasi melalui ikatan tersebut.

Ketika ditanyai mengenai program kerja saat masa jabatan, mereka menjelaskan bahwa program kerja (proker) nya terbagi menjadi dua yakni program kerja jangka panjang dan program kerja jangka pendek. Proker jangka pendek ialah mengadakan (Forum Gerakan Diskusi) FGB. Disini mereka mendekatkan mahasiswa dan ORMAWA guna menciptakan kader diskusi forum mahasiswa BSI, sedangkan proker jangka panjangnya yaitu mengatasi isu yang sangat global dengan membentuk kegiatan aspirasi mahasiswa 'BEM Mendengar' dan membangun kampung Bina Sarana Informatika.

“Kesiapan struktur kepengurusan dan proses staffing, masih belum dipublikasikan,” ungkap sepasang petinggi BEM BSI periode 2012-2013 itu. Diakui, rencana dalam waktu yang sesingkat-singkatnya antara tanggal 16, 17 dan 19 Febuari akan diadakan open rekrut SENAT dan UKM. Kendati demikian, sudah ada beberapa elemen yang mengajukan diri untuk menjabat menjadi struktur kepengurusan diantaranya dari UKM Badaris, Agape dan SEMA Cikarang.

Menanggapi terpilihnya Syaiful Ulum dan Jaka Januar, "Visi dan misi mereka bagus, tinggal di lihat saja bagaimana kinerja mereka kedepannya,” ungkap Hani, perwakilan dari SENAT Kramat 18. Selain itu, Dinar dan Via dari SEMA 45 Cawang juga menyatakan aspirasinya tentang harapan terhadap kepengurusan baru yakni agar BEM lebih mengutamakan mahasiswa, menagih janji dari Syaiful Ulum dan Jaka Januar untuk menggratiskan setiap diadakannya seminar untuk mahasiswa BSI, dan yang terakhir kami meminta kepada KPU agar menyamakan warna logo SEMA yg ada dispanduk dengan warna logo yang berada dialmamater karena mengkhawatirkan adanya pendapat bahwa beda warna beda arti.

Untuk kedepannya semoga inspirasi dapat terus mengawal jalannya rangkaian kegiatan-kegiatan yang tengah dijalankan dan akan dilaksanakan oleh ORMAWA dan BEM BSI 2012-2013. Sekali lagi, Selamat dan sukses atas terpilihnya Saiful Ulum dan Jaka Januar sebagai PRESMA dan WAPRESMA 2012-2013. #Wenny Saraswati Ningsih, Ryan Maulana

Comments System

Disqus Shortname